Ide bisnis sampingan tanpa modal gratis, peluang usaha sampingan tanpa modal, dan bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal

Kamis, 09 Maret 2017

Bisnis Sampingan 2019 - Tips Cara Mudah Menjadi Peternak Sapi



Banyak orang yang tertarik untuk menjadi peternak sapi sebagai Bisnis Sampingan 2019, namu tidak semua orang punya kemampuan yang  mumpuni untuk merawat sapi - sapi tersebut menjadi sapi yang sehat dan berkualitas bagus.
Hal ini dikarenakan sapi merupakan hewan ternak hampir seluruh bagian tubuhnya bisa dijadikan komoditi, mulai dari daging, kulit hingga susunya.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tips cara yang mudah untuk menjadi peternak sapi. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun setiap hasil akan tergantung daripada usahanya. Untuk itu jika Anda ingin menjadi eternak sapi yang sukses maka Anda harus terus semangat belajar dan mencari informasi mengenai cara beternak sapi.
1. Membuat Bisnis Plan
Belajarlah membuat analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Hal ini meliputi jenis sapi yang akan diternak dan membandingkannya dengan sapi jenis lainnya. Apakah sesuai dengan anggaran dan memiliki keuntungan yang menjanjikan dan lain sebagainya.
Lakukanlah evaluasi awal pada 2 tahun pertama setelah Anda mendapatkan lahan peternakan yang cocok. Lakukanlah perbaikan pada fasailitas-fasilitas pendukung lainnya, pastikan semuanya akan berjalan dengan baik jika peternakan tersebut sudah beroperasi. Pikirkan mengenai sanitasi dan pembuangan limbah kandang dengan baik. Siapkan gudang untuk menyimpan peralatan dan mesin-mesin. Belilah mesin yang Anda butuhkan satu persatu agar efisien dan sesuai kebutuhan. Tidak ada salahnya Anda mendatangi lelang yang menjual mesin-mesin bekas yang bagus dan layak pakai untuk dapat memangkas biaya modal dan keperluan lainnya.
2. Menentukan Lokasi Peternakan
Lokasi peternakan biasanya akan digunakan secara jangka panjang antara 10 hingga 30 tahun yang akan datang Pertimbangkan bahwa lokasi ini akan dipakai selama 10 hingga 30 tahun mendatang, bahkan lebih. Pertimbangkan juga tentang iklim yang ada di wilayah tersebut, apakah kering atau cenderung lembab, jenis tumbuh-tumbuhan yang umumnya tumbuh subur disekitarnya dan  juga faktor permukaan tanahnya.
Tips nya adalah, lebih baik jika Anda mencari lahan yang memang sudah dipergunakan sebagai peternakan sebelumnya, ketimbang Anda harus membeli lahan kosong dan merenovasinya menjadi lahan peternakan.
3. Carilah Info Mengenai Lahan Tersebut
Luangkanlah waktu untuk mengobrol dengan para penduduk ataupun para pekerja yang ada disekitar lokasi mengenai keadaan lahan dan penggunaannya dimasa yang lalu, bagaimanakah jenis tanah, vegetasi, perawaatan padang rumput dan lain-lain. Carilah informasi sebanyak-banyak nya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk mengelola lahan tersebut menjadi peternakan sapi.
4. Tentukan Jenis Sapi yang Akan Diternak
Jenis sapi menentukan jenis peternakan yang akan Anda kembangkan yaitu :

  1. Usaha Pembibitan Sapi  : Pada tahap pembibitan ini memerlukan ketekunan yang extra karena nilai turn-over yang bisa lebih dari satu tahun
  2. Usaha Penggemukan Sapi : Pada jenis usaha ini paling banyak diminati oleh para peternak dan pengusaha sapi karena lebih mudah dan memilik periode yang cukup singkat, yaitu antara 3 – 6 bulan saja
  3. Usaha Perdagangan Sapi  : Untuk menekuni jenis usaha yang satu ini Anda harus memilik modal yang cukup besar dan relasi yang luas sehingga Anda benar-benar menguasai pasar perdagangan sapi.

5. Merawat sapi-sapi dengan serius
  • Sebisa  mungkin hindari bersentuhan dengan sapi yang sedang sakit
  • Kandang sapi haruslah bersih, lengkap dengan saluran pembuangan limbah kotoran sapi yang baik. Perhatikan juga sirkulasi udara agar udara selalu segar.
  • Periksakan sapi-sapi Anda secara berkala terutama pemeriksaan  brucellosis dan tuberculosis
  • Semprotkan cairan desinfektan pada kandang dan peralatan yang digunakan secara berkala
  • Lakukan vaksinasi kepada sapi secara teratur sehingga menghasilkan sapi-sapi yang sehat dan berkualitas.


EmoticonEmoticon