Ide bisnis sampingan tanpa modal gratis, peluang usaha sampingan tanpa modal, dan bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal

Minggu, 05 Maret 2017

Berbagai Cara Membuat Website Toko Online Berbayar hingga Gratis







Saat Anda mulai memikirkan untuk membuka usaha toko online, tentu hal yang pertama kali perlu Anda lakukan adalah membuat toko online. Ada berbagai cara membuat website toko online berbayar hingga yang gratis, sehingga Anda dapat leluasa untuk memilih website seperti apa yang ingin Anda wujudkan dan tentu telah disesuaikan dengan modal awal yang Anda miliki saat membuka usaha ini.

Berikut adalah beberapa cara membuat website toko yang banyak dipilih, di antaranya :

Membuat toko online dengan blog gratis

Bagi Anda yang masih pemula dan tidak memiliki cukup modal untuk membuat toko online berbayar, membuat toko online dengan blog gratis dapat menjadi pilihan. Beberapa blog yang dapat Anda gunakan untuk membangun toko online di antaranya adalah wordpress dan blogspot. Untuk mendaftarkan diri, Anda perlu melakukan registrasi, dan mengisi beberapa data yang diperlukan, termasuk alamat email dan password. Selanjutnya Anda mulai dapat melakukan pengaturan template dan memosting barang yang akan Anda jual. Namun menggunakan blog gratis ini terkadang memiliki resiko seperti kurang dipercayai oleh pelanggan karena beberapa pelanggan lebih memilih untuk bertransaksi pada toko online dengan domain berbayar yang terkesan lebih profesional.

Membuat toko online dengan memanfaatkan marketplace atau mall online

Bila Anda tak ingin membuat toko online dengan blog gratis namun tak memiliki cukup modal untuk membuat website berbayar, Anda dapat membuat toko online dengan memanfaatkan marketplace. Ada cukup banyak pilihan marketplace yang dapat Anda pilih, mulai dari Tokopedia, Shopee, Bukalapak, OLX, dan lain sebagainya. Toko online yang dibuat via marketplace ini dapat memberikan Anda beberapa keuntungan seperti kemudahan registrasi, dan sistem pembayaran yang sudah jelas. Anda pun tidak perlu berpikir keras dalam mendesain atau memilih template website toko online Anda. namun, memiliki toko online yang memanfaatkan marketplace atau mall online ini tetap memiliki kelemahan. Salah satu kelemahannya adalah Anda perlu untuk menaikkan harga jual barang karena pihak marketplace biasanya menerapkan potongan pada setiap barang yang berhasil Anda jual.

Menggunakan domain dan hosting sendiri

Bila Anda memiiki kemampuan untuk membuat website dan mendesainnya sendiri, tentu Anda dapat membuat toko berbayar sendiri yang konsep dan desainnya benar – benar sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk keperluan pembuatan website sendiri, Anda perlu mengeluarkan uang untuk membeli domain dan hosting. Salah satu keuntungan yang Anda dapatkan dengan mendesain website toko online Anda sendiri adalah keleluasaan dalam memilih domain dan hosting, rancangan template yang sesuai, hingga model pembayaran yang Anda kehendaki saat bertransaksi dengan pelanggan produk Anda. Bila toko online Anda didesain dengan bagus serta jelas langkah – langkah transaksinya, tentu akan membuat toko online Anda semakin terlihat profesional.

Memakai jasa pihak ketiga

Bagi Anda yang tak banyak mengetahui bagaimana cara membuat website toko online berbayar, tentu membuat website dengan menggunakan jasa dari pihak ketiga dapat menjadi pilihan. Kini ada cukup banyak pilihan pihak atau perorangan yang menawarkan jasa membuat toko online berbayar sesuai konsep yang Anda inginkan. Beberapa pihak mungkin mengenakan biaya jasa yang lebih tinggi dibanding biaya jasa rata – ratanya, jadi jangan lupa untuk memiliki banyak referensi lebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan. Hal ini penting karena dana untuk menyewa jasa pihak ketiga ini juga termasuk dalam penghitungan modal usaha.


EmoticonEmoticon