Ide bisnis sampingan tanpa modal gratis, peluang usaha sampingan tanpa modal, dan bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal

Minggu, 05 Maret 2017

Inilah Cara Membuat Website Toko Online Gratis dengan Wordpress




Cara membuat website toko online gratis dengan wordpress sebenarnya sangatlah mudah. Hanya saja, tidak semua orang mengetahuinya. Nah, berikut ini panduan lengkap jika Anda ingin membuat website toko online dengan menggunakan platform wordpress, sekaligus hal-hal yang harus disiapkan sebelum membuatnya.

# Hal-Hal yang Harus Disiapkan

Sebelum membuat website, ada tiga hal penting yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Tiga hal tersebut adalah domain (pilih nama yang mudah diingat dan sesuai dengan bisnis Anda), cloud hosting, dan CMS. Jika tidak ingin repot, Anda bisa menyiapkan ketiga hal tersebut dapat dengan mudah hanya dengan menghubungi penyedia paket hosting dan domain maupun CMS. Saat ini, sudah banyak jasa yang menyediakan layanan seperti ini. Anda  tinggal memilih salah satunya yang paling terpercaya berdasarkan rekomendasi dari orang-orang terdekat.

# Langkah-Langkah Membuat Website Toko Online dengan Wordpress

Setelah ketiga hal di atas Anda siapkan dengan matang, saatnya membuat website toko online sendiri dengan menggunakan wordpress. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.    Mengunjungi Halaman Administrator

Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah mengunjungi halaman administrator (WP-Admin). Pada halaman internet, ketikkan namadomain.com/wp-admin. Sebagai contoh, jika Anda menjual tas branded, maka ketikkan tasbranded.com/wp-admin.

2.    Login dengan Username dan Password

Langkah kedua, silahkan Anda login dengan menuliskan username sekaligus password. Jangan sampai salah dalam pengetikan ini. Sebab, jika sampai tiga kali salah memasukkan username maupun password, Anda tidak akan bisa login kembali untuk beberapa menit.

3.    Pilih Plugin dan Add New

Setelah langkah kedua berhasil dan Anda sudah masuk ke dashboard wordpress, silakan untuk klik bagian plugin dan memilih Add New. Langkah ini dilakukan agar Anda dapat menginstall plugin WooCommerce.

4.    Install Plugin WooCommerce

Langkah selanjutnya adalah menginstall plugin WooCommerce. Untuk itu, silahkan ketik WooCommerce pada kotak pencarian, lalu tekan enter. Setelah muncul halaman plugin tersebut, selanjutnya klik Install Now pada kotakan yang tersedia. Proses penginstalan ini biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit saja.

5.    Klik Active Plugin

Setelah plugin WooCommerce terinstall sempurna, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan plugin tersebut. Adapun cara mengaktifkannya adalah dengan klik tombol Active Plugin.

6.    Mengakhiri Proses Install

Sebenarnya, dari langkah kelima di atas, toko online Anda sudah jadi dan siap untuk digunakan. Hanya saja, sebaiknya akhiri proses install terlebih dahulu agar proses penginstalan tersebut berjalan sempurna. Untuk mengakhiri proses install, silakan klik tombol Install WooCommerce Pages.

# Mengisi Konten Website

Dari langkah-langkah di atas, maka secara otomatis toko online Anda sudah jadi. Namun, toko online ini belum sepenuhnya bisa digunakan. Sebab, plugin WooCommerce hanyalah sebagai tempat untuk memasang produk Anda. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengisi website tersebut, baik dengan foto-foto produk, spesifikasi produk, hingga artikel-artikel menarik pendukung bisnis Anda. Semakin banyak, menarik, dan unik konten yang Anda masukkan, maka peluang untuk mendapat trafik tinggi di website Anda akan lebih besar. 

Itulah beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa membuat website online dengan menggunakan wordpress, lengkap dengan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum dan sesudahnya. Cukup mudah, bukan? Masih ragu untuk menekuni bisnis online yang cukup menggiurkan ini? So, cobalah sekarang juga untuk terjun dalam bisnis dan raup keuntungan sebanyak-banyaknya. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon