Ide bisnis sampingan tanpa modal gratis, peluang usaha sampingan tanpa modal, dan bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal

Kamis, 09 Maret 2017

Bisnis Sampingan PNS - Tips dan Resep Anti Gagal Dalam Memulai Usaha Franchise

Bisnis Sampingan PNS



Tertarik membuka usaha franchise tapi takut gagal? Berikut ini kami punya beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memulai usaha franchise.


  • Perbaikilah mindset. Secara umum bisnis franchise memang sudah menyediakan segalanya yang diperlukan untuk menjalankan sebuah usaha. Namun hal tersebut bukanlah alasan untuk Anda dapat melepas tangan dan membiarkan gerai franchise berjalan dengan sendirinya. Pengawasan yang ketat dan kreatifitas juga sangat diperlukan untuk memajukan gerai franchise milik Anda dan memperoleh lebih banyak lagi keuntungan.


  • Mengelola gerai franchise yang sukses juga harus dibekali dengan kemampuan sebagai  wirausahawan yaitu visioner atau mampu melihat jauh kedepan, selalu bersikap positif, percaya diri, mampu memeberikan nilai lebih pada produk tersebut sehingga memiliki keunggulan paa produk serupa yang beredar dipasaran, memiliki target dan tujuan yang pasti, pantang menyerah, siap menghadapi segala kemungkinan dan resiko yang terjadi di masa yang akan datang, siap memiliki persaingan dan menjadi pesaing, mampu menjadi pemimpin yang demokratis bagi karyawan, mempunyai kemampuan teknis yang menunjang kegiatan berwirausaha, kemampuan manajerial, dan kemampuan untuk mencari peluang baru dalam setiap angkah yang diambil demi kemajuan bisnis yang dimiliki.


  • Hormatilah perjanjian waralaba antara Anda dengan franchisor, patuhilah SOP yang telah menjadi kesepakatan bersama agar tumbuh kepercayaan, dan pro aktif dalam memberikan masukan ataupun bertanya jika menemui kesulitan agar Anda tidak perlu menghabiskan energi untuk mencoba menyelesaikan semua maslah yang terjadi.


  • Aturlah strategi untuk melakukan promosi disekitar gerai Anda, buatlah brosur dan pamflet untuk disebarkan dilokasi strategis disekitar gerai Anda dan aktiflah ikut serta dalam berbagai acara bazaar ataupun pameran, membuat proposal dan mengajukan permohonan menjadi sponsor dalam berbagai kegiatan hingga memberikan bonus ataupun potongan harga kepada para pelanggan Anda.


  • Usahakanlah gerai Anda mendapatkan exposure agar dapat lebih dikenal oleh publik. Anda bisa menggunakan beberapa jenis media baik offline maupun online. Sediakanlah budget untuk melakukan kerjasama endorse kepada beberapa influencer di media sosial. Anda juga bisa bekerja sama dengan para blogger agar dapat mereview produk Anda dengan harapan produk Anda dapat menjaadi viral dan bisa menjangkau lebih banyak orang untuk bisa mengenal produk Anda.


  • Susunlah sebuah acara dan promosi menarik selama grand opening, undanglah orang-orang baik itu teman, saudara, kerabat relasi dan siapapun untuk datang ke gerai Anda dan menikmati promosi yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Hiaslah gerai Anda semenarik mungkin  agar dapat menarik perhatian orang-orang yang berlalu lalang sehingga tertarik untuk datang ke gerai Anda.


  • Ada baiknya Anda mengingat selalu bahwa pelanggan adalah raja. Hal ini juga berlaku untuk mengingatkan Anda untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Ingatkanlah juga kepada para karyawan Anda untuk menghargai pelanggan dengan memberikan pelayanan yang cepat jujur dan sopan.


  • Kumpulkanlah data para pelanggan yang mengunjungi gerai Anda, mintalah mereka mengisi angket atau testimoni mengenai produk yang Anda sehingga Anda bisa mendapatkan data berupa nomor hp dari pelanggan Anda untuk kemudian bisa Anda follow up dengan memberi informasi secara berkala melalui sms mengenai promo-promo yang sedang berlangsung di gerai Anda.


  • Berilah sedikit training kepada para karyawan Anda agar memiliki kemampuan dalam melayani konsumen dengan baik. Memberikan pelayanan yang ramah dan cepat agar pelanggan tidak kecewa.
  • Apabila karena sesuatu hal terjadi kesalahan dan pelanggan  melakukan komplain, maka tanganilah segera secara kekeluargaan. Meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan tawarkan solusi yang dapat meredam kekesalan pelanggan.


  • Karyawan adalah harta yang berharga dari usaha Anda. Berikan pembinaan kepada mereka agar semakin terampil dalam melayani konsumen. Berikan mereka imbalan gaji yang sesuai dan berikan reward kepada pekerja yang berprestasi agar menjadi pemecut semangat dalam bekerja.

  • Disiplin dalam mengikuti SOP yang diberikan oleh fraanchisor agar bisa mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan bersama. Buatlah pencatatan yang baik untuk mengntrol aliran keuangan pada bisnis Anda.



  •  Jalinlah relasi yang baik dengan franchisor Anda, mintalah masukan dan tips-tips lainnya yang dapat memajukan usaha Anda. Dengan Anda menjalin hubungan yang baik dengan franchisor bisa jadi Anda akan mendapatkan informasi yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan secara umum mengenai pengalaman memajukan usahanya menjadi sukses dan besar.


  • Bina hubungan yang baik dengan dengan para karyawan yang telah membantu Anda menjalankan bisnis Anda. Berilah motivasi dan semangat dalam bekerja, dan berilah ilmu-ilmu dasar dalam berkomunikasi dengan konsumen sehingga pelanggan dapat merasa senang dan diharapkan akan menjadi pelanggan setia.


Bisnis Sampingan 2019 - Tips Cara Mudah Menjadi Peternak Sapi


Bisnis Sampingan 2019

Banyak orang yang tertarik untuk menjadi peternak sapi sebagai Bisnis Sampingan 2019, namu tidak semua orang punya kemampuan yang  mumpuni untuk merawat sapi - sapi tersebut menjadi sapi yang sehat dan berkualitas bagus.
Hal ini dikarenakan sapi merupakan hewan ternak hampir seluruh bagian tubuhnya bisa dijadikan komoditi, mulai dari daging, kulit hingga susunya.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tips cara yang mudah untuk menjadi peternak sapi. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun setiap hasil akan tergantung daripada usahanya. Untuk itu jika Anda ingin menjadi eternak sapi yang sukses maka Anda harus terus semangat belajar dan mencari informasi mengenai cara beternak sapi.
1. Membuat Bisnis Plan
Belajarlah membuat analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Hal ini meliputi jenis sapi yang akan diternak dan membandingkannya dengan sapi jenis lainnya. Apakah sesuai dengan anggaran dan memiliki keuntungan yang menjanjikan dan lain sebagainya.
Lakukanlah evaluasi awal pada 2 tahun pertama setelah Anda mendapatkan lahan peternakan yang cocok. Lakukanlah perbaikan pada fasailitas-fasilitas pendukung lainnya, pastikan semuanya akan berjalan dengan baik jika peternakan tersebut sudah beroperasi. Pikirkan mengenai sanitasi dan pembuangan limbah kandang dengan baik. Siapkan gudang untuk menyimpan peralatan dan mesin-mesin. Belilah mesin yang Anda butuhkan satu persatu agar efisien dan sesuai kebutuhan. Tidak ada salahnya Anda mendatangi lelang yang menjual mesin-mesin bekas yang bagus dan layak pakai untuk dapat memangkas biaya modal dan keperluan lainnya.
2. Menentukan Lokasi Peternakan
Lokasi peternakan biasanya akan digunakan secara jangka panjang antara 10 hingga 30 tahun yang akan datang Pertimbangkan bahwa lokasi ini akan dipakai selama 10 hingga 30 tahun mendatang, bahkan lebih. Pertimbangkan juga tentang iklim yang ada di wilayah tersebut, apakah kering atau cenderung lembab, jenis tumbuh-tumbuhan yang umumnya tumbuh subur disekitarnya dan  juga faktor permukaan tanahnya.
Tips nya adalah, lebih baik jika Anda mencari lahan yang memang sudah dipergunakan sebagai peternakan sebelumnya, ketimbang Anda harus membeli lahan kosong dan merenovasinya menjadi lahan peternakan.
3. Carilah Info Mengenai Lahan Tersebut
Luangkanlah waktu untuk mengobrol dengan para penduduk ataupun para pekerja yang ada disekitar lokasi mengenai keadaan lahan dan penggunaannya dimasa yang lalu, bagaimanakah jenis tanah, vegetasi, perawaatan padang rumput dan lain-lain. Carilah informasi sebanyak-banyak nya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk mengelola lahan tersebut menjadi peternakan sapi.
4. Tentukan Jenis Sapi yang Akan Diternak
Jenis sapi menentukan jenis peternakan yang akan Anda kembangkan yaitu :

  1. Usaha Pembibitan Sapi  : Pada tahap pembibitan ini memerlukan ketekunan yang extra karena nilai turn-over yang bisa lebih dari satu tahun
  2. Usaha Penggemukan Sapi : Pada jenis usaha ini paling banyak diminati oleh para peternak dan pengusaha sapi karena lebih mudah dan memilik periode yang cukup singkat, yaitu antara 3 – 6 bulan saja
  3. Usaha Perdagangan Sapi  : Untuk menekuni jenis usaha yang satu ini Anda harus memilik modal yang cukup besar dan relasi yang luas sehingga Anda benar-benar menguasai pasar perdagangan sapi.

5. Merawat sapi-sapi dengan serius
  • Sebisa  mungkin hindari bersentuhan dengan sapi yang sedang sakit
  • Kandang sapi haruslah bersih, lengkap dengan saluran pembuangan limbah kotoran sapi yang baik. Perhatikan juga sirkulasi udara agar udara selalu segar.
  • Periksakan sapi-sapi Anda secara berkala terutama pemeriksaan  brucellosis dan tuberculosis
  • Semprotkan cairan desinfektan pada kandang dan peralatan yang digunakan secara berkala
  • Lakukan vaksinasi kepada sapi secara teratur sehingga menghasilkan sapi-sapi yang sehat dan berkualitas.

Bisnis Sampingan Tanpa Modal Dengan Keuntungan Menjanjikan

Bisnis Sampingan Tanpa Modal Dengan Keuntungan Menjanjikan

Bisnis Sampingan Tanpa Modal



Apa Saja Jenis Bisnis Sampingan Tanpa Modal Dengan Keuntungan Menjanjikan? 

Saat ini, bekerja di perkantoran atau menjadi PNS memang sudah tidak bisa lagi untuk diharapkan. Bukan persoalan gaji atau pun honor yang kecil. Namun, biaya hidup yang kian tinggi menuntut kita untuk dapat mencari bisnis sampingan tanpa modal guna menambah penghasilan setiap bulan. 

Untuk Apa Bisnis Sampingan ? 

Mungkin, sebagian orang akan bertanya mengapa bisnis sampingan itu perlu untuk dijalankan. Tapi segelintir orang lagi pasti lah sudah mendapat jawaban terlebih dahulu jauh sebelum soalan itu viral dan ditanyakan publik. Hingga, soalan ini bukan lagi perkara sulit untuk dijawab. 

Manfaat dan keuntungan mengadakan bisnis sampingan pertama kali ialah untuk menambah serta meningkatkan pendapatan pebisnis setiap bulannya. Jika bekerja di sebuah perusahaan atau perkantoran, gaji yang diberikan tentu saja sesuai dengan waktu dan jumlah tertentu. Akan tetapi, menjalankan bisnis sampingan akan memberi peluang bagi siapa saja untuk memperoleh laba lebih besar dan pemasukan kapan saja. 

Manfaat ke dua melakukan bisnis sampingan ialah untuk menjaga agar kondisi keuangan tetap terjaga. Sehingga, tidak ada alasan bagi anda dan pebisnis mana pun untuk melakukan pinjaman sana sini. Hal ini pasti akan menjaga anda dari lilitan hutang dan jauh dari pinjaman bank. 

Kelebihan berbisnis selanjutnya adalah untuk menekan jumlah pengangguran. Dengan berbisnis, anda memiliki kesempatan dan peluang untuk membuka lapangan pekerjaan, sehingga pengangguran pun bisa berkurang. Kondisi ini bukan hanya menguntungkan bagi para pengangguran, tapi juga bagi bangsa dan tanah air. 

Apa Saja Jenis Bisnis Sampingan Tanpa Modal? 

Setelah mengetahui manfaat dari berbisnis samping, maka kini giliran anda untuk mendapat informasi mengenai beberapa jenis bisnis sampingan tanpa modal. Artinya, anda bisa melakukan ragam bisnis di bawah ini tanpa harus mengeluarkan modal atau dana sepeser pun. Sepertinya, sungguh tergiur untuk dicoba!

1. Jasa Les Privat

Jika anda memiliki kemampuan di bidang mengajar, maka anda bisa memutuskan untuk membuka jasa les privat. Jangan sungkan dan risau, karena orang tua akan senantiasa mencari jas les terbaik untuk anak anak mereka. Jadi, tugas dan modal yang butuh anda persiapkan adalah ilmu pengetahuan, keterampilan mengajar, dan memiliki strategi terbaik dalam hal pembelajaran. 

Jika memang anda merasa tidak harus pergi mengajar les di rumah murid. Maka, anda bisa memasang iklan untuk meminta murid mendatangi rumah atau tempat tinggal anda.    

2. Jasa Penitipan Anak

Bagi anda yang suka dengan dunia anak anak, sepertinya sangat cocok dengan jenis bisnis yang satu ini. Jasa penitipan anak, adalah salah satu jasa paling dicari oleh pengguna jasa, terlebih mereka yang berperan sebagai orang tua sekaligus pekerja sibuk. Maka, jasa jasa seperti anda lah yang sangat dibutuhkan.   

3. Menjual Kue Orang Lain

Jangan takut jika memang anda tidak mempunyai keahlian dalam hal membuat kue. Karena, anda masih bisa menjual kue orang lain dan menitipkannya kepada anda. Tugas anda hanya menyediakan tempat dan tenaga, lalu jual dan dapatkan keuntungan untuk setiap kue yang laku terjual.  

4. Dropshipper 

Bisnis sampingan tanpa modal utama yang satu ini cukup diminati oleh mahasiswa dan ibu ibu rumah tangga, yakni dropshipper. Anda hanya menjadi perantara antara toko produk dengan pelanggan, lalu anda bisa mendapatkan laba sesuai dengan tingkat kerja anda. Jangan lupa, anda juga membutuhkan smartphone untuk bisa menjalankan bisnis ini. Rasanya anda memilikinya, bukan? 

5. Jual Aksesoris Online

Menjual aksesoris online juga bisa menjadi bisnis menguntungkan untuk anda terapkan. Melihat, aksesoris adalah jenis pernak pernik yang cukup digemari kaum hawa. Maka, sangat memungkinkan bagi anda untuk menawarkan kepada teman, keluarga dan rekan kerja wanita anda. 

Nah, menurut anda manakah jenis bisnis sampingan tanpa modal yang cocok untuk dijalankan esok hari?