Ide bisnis sampingan tanpa modal gratis, peluang usaha sampingan tanpa modal, dan bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal

Rabu, 19 Juli 2017

Jualan Online Pemula - 4 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Sistem Dropship Reseller



Jualan Online Pemula - Menjadi seorang dropshipper bisa dikatakan langkah yang mudah untuk dilakukan pagi para pemula untuk menekuni bidang online shop. Dalam sistem dropship para reseller tidak perlu menyetok barang dan mengirim barang.

Hal ini sangatlah menarik karena dapat mengurangi hal-hal yang belum bisa dikuasai oleh seorang pemula dalam suatu waktu yang singkat. Yang perlu dilakukan hanyalah mempromosikan produk yang ingin dijual dan melayani para konsumen sehingga terjadi transaksi.

Pada produk tertentu para dropshipper bebas menentukan margin keuntungan yang akan diambilnya, kecuali bagi para pedagang yang telah menetapkan harga eceran tertentu kepada para resellernya, biasanya hal ini untuk menekan persaingan harga yang tidak wajar dan mematikan usaha sesama resellerr, Hal ini wajar dan Anda bebas memilih jenis produk dengan pola pengambilan margin keuntungan seperti apakah yang Anda inginkan.

Apabila telah terjadi transaksi maka pembeli akan melakukan pembayaran sesuai harga yang dipasarkan oleh dropshipper, bila pembayaran telah diterima, maka dropshipper akan meneruskan pemesanan dan pembayaran kepada agen sesuai harga dasar. Otomatis kelebihan pembayaran yang didapatkan merukan keuntungan yang didapat dimuka oleh para dropshipper.

Baru kemudian agen lah yang akan memproses pembelian tersebut mulai dari menyediakan barang, packing dan pengiriman paket langsung ke alamat pembeli. Istimewanya agen akan mencantumkan nama dan alamat Anda sebagai pengirim barang. Mudah bukan jenis Jualan Online pemula ini?

Bahkan seringkali para agen yang menyediakan sistem dropship tidak akan mengenakan biaya apapun untuk mendaftar, tanpa minimal pembelian, tanpa target dan tanpa syarat yang rumit Anda sudah bisa mulai berjualan saat itu juga selesai Anda mendaftarkan diri.

Ada beberapa agen yang mensyaratkan Anda untuk memiliki sosial media tertentu sebagai media pemasaran, namun ada juga yang tidak memberikan syarat apapun. Agen akan membebaskan pola pemasaran yang akan Anda lakukan sesuai dengan kreativitas masing-masing.


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa mayoritas penyedia sistem dropship tidak memungut biaya apapun untuk pendaftaran dan hampir tidak memberikan syarat yang rumit agar Anda bisa langsung berjualan. Namun sejatinya jika Anda ingin mendapatkan penghasilan yang besar dari bisnis ini tentu ada modal pribadi yang perlu Anda siapkan, lalu untuk apakah modal tersebut? paling tidak jika Anda memutuskan untuk berbisnis online maka Anda harus mempunyai sambungan internet yang cukup stabil. Belilah minimal paket data yang lebih besar dari provider kartu sim card yang Anda gunakan agar lalu lintas data internet Anda tidak lambat. Lalu kemudian Anda harus menyediakan gadget yang dapat mengakomodir keperluan Anda dalam memasarkan produk dan berkomunikasi dengan konsumen Anda melalui berbagai macam paltform sosial media maupun aplikasi chatting.


Setelah semua sarana pendukung bisa Anda sediakan barulah Anda dapat memutuskan untuk mendaftarkan diri Anda kepada agen penyedia sistem dropship. Carilah produk terbaik yang dapat dengan mudah Anda jual. Contohnya jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga dan Anda aktif di beberapa majelis taklim disekitar Anda, maka Anda bisa mendaftarkan diri Anda sebagai reseller baju muslimah dan hijab, dan lain sebagainya.

Pelajarilah cara kerja beberapa sosial media ternama yang banyak digunakan oelh market Anda seperrti Facebook, Instagram ataupun Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebgainya.
mulailah aktif berteman dan berinteraksi dengan teman-teman Anda di sosial media. sesekali berikan tips yang berkaitan dengan produk yang Anda pasarkan agar dapat terus berinteraksi dengan teman-teman Anda.


Adapun langkah-langkah yang lebih terperinci akan kami jelaskan dibawah ini, agar Anda mempunyai gambaran secara utuh mengenai seluruh proses berjualan online dengan menggunakan sistem dropship ini.


Jualan Online Pemula - 4 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Sistem Dropship Reseller



1. Memilih Produk Untuk Dijual
Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah dalam memilih produk untuk dijual. Karena hal ini dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya proses penjualan produk tersebut, mempengaruhi target pasar yang akan dibidik dan menentukan jenis promosi apakah yang perlu dilakukan untuk memasarkan produk tersebut.

2. Mencari supplier atau distributor produk
Tahap kedua yang perlu diperhatikan adalah dalam mencari supplier atau distributor produk yang membuka kerjasama dengan sistem dropship. Pastikan juga supplier mempunyai stok produk yang banyak dan selalu siap untuk dipesan setiap saat, lalu kemudian pastikan supplier atau distributor dapat dengan mudah dihubungi setiap saat untuk berkomunikasi dan mempunyai pelayanan yang baik kepada semua mitra kerjasamanya ataupun kepada konsumennya.

Hal ini sangat penting karena Anda lah yang akan berkomunikasi dengan konsumen secara langsung, bila ada masalah yang terjadi mengenai produk, maka jangan sampai sulit bagi Anda untuk menghubungi supplier kembali untuk menangani masalah tersebut.

Jika Anda kesulitan dan masih bingung untuk mencari distributor atau supplier yang  menyediakan sistem kerjasama penjualan secara dropship yang bisa dipercaya, bisa juga Anda mendaftar di beberapa marketplace seperti bukalapak, tokopedia dan lain sebagainya.

3. Katalog Produk
Jika supplier atau distributor tidak menyediakan katalog produk, maka tidak ada salahnya Anda menyiapkan katalog produk Anda sendiri. Dengan menggunakan gambar-gambar atau foto-foto produk yang disediakan oleh supplier dan distributor Anda bisa menyusun rapih detail maupun  spesifikasi produk yang dijual dan membuat daftar produk yang dapat memudahkan konsumen Anda dalam membeli produk yang Anda tawarkan.

4. Melakukan Promosi
Langkah terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah promosi. Jika Anda sudah mempunyai ide produk tentu Anda sudah tau kira-kira market dari produk tersebut bukan? apakah produk tersebut akan dipasarkan kepada pria, wanita, anak-anak, orang dewasa, usia berapa dan penghasialn berapakah yang mampu membeli produk yang akan Anda jual tersebut. Semua hal itu harus Anda rencanakan secara matang. Sehingga Anda dapat mengetahui promosi seperti apakah yang Anda lakukan, melalui media apa dan bagaimanakah redaksi dari promosi Anda tersebut.

Jika Anda berencana akan menggunakan sosial media dalam memasarkan produk tersebut. Maka Anda harus mencari informasi media sosial yang manakah yang penggunanya sesuai dengan target market Anda, misalnya Facebook, berapakah usia rata-rata orang yang aktif menggunakan Facebook, berapa rata-rata tingkat ekonominya dan kapankah waktu-waktu yang tepat untuk memposting foto dan status jualan Anda sehingga banyak yang melihat promosi yang Anda lakukan. Demikian pula dengan Instagram, Twitter dan media sosial lainnya.

Demikianlah beberapa tips Jualan Online Pemula yang bisa kami berikan, semoga dapat memberikan manfaat yang positif buat Anda dalam menentukan langkah berikutnya dalam memulai bisnis pertama Anda. Pantang menyerah dan teruslah semangat bila Anda menemui kesulitan dalam menjalankan bisnis Anda. Karena tidak ada sukses yang dapat diraih jika Anda tidak pernah memulainya terlebih dahulu.